Anggrek hitam asli Indonesia [Coelogyne Pandurata]

Wednesday, December 30, 2009 | |

Dikenal dengan nama Anggrek Hitam atau Black Orchid, karena pada lidahnya terdapat warna hitam. Coelogyne pandurata Lindley tersebar di Malaysia, Sumatra, Kalimantan dan di Philipina di Mindanao, Luzon dan pulau Samar. Pada umumnya tumbuh pada pohon tua, didekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas.
Anggrek Hitam ditandai dengan Kelopak bunganya yang berwarna hijau pupus dan lidah bunga yang berwarna hitam sungguh menampilkan sosok bunga anggrek yang eksotis, apalagi jika kita berhasil menjumpai sosok anggrek berbunga indah ini tepat di habitatnya, yaitu di jantung hutan Kalimantan.

Warna hitam pada lidah bunga Anggrek Hitam merupakan pembawa sifat hitam yang langka, warna hitam ini menjadi sumber pembawa sifat warna hitam yang di butuhkan oleh para ahli pemuliaan tanaman untuk menghasilkan silangan baru dengan corak warna bunga yang menarik.

Secara keseluruhan penampilan Anggrek Hitam ini menarik, umbinya yang berwarna hijau terang dan mempunyai permukaan umbi yang mengkilat sangat menarik untuk di pandang mata, di setiap umbi tumbuh du ahelai daun yang kaku dan berbentuk seperti pembungkus mayang kelapa, perpaduan bentuk umbi dan dua helai daun di ujungnya mirip seperti sosok seekor ikan.
Tangkai bunga yang menjuntai kebawah dengan susunan bunga yang teratur membuat penampilan anggrek ini istimewa.

Anggrek Hitam merupakan kekayaan hutan Kalimantan yang terpendam dan tidak terjaga maksimal, seiring dengan berbagai aktivitas manusia yang menyebabkan berkurangnya areal hutan, maka semakin berkuranglah habitat dan jumlah Anggrek Hitam yang tumbuh di alam Kalimantan ini, sementara potensinya sebagai bunga Anggrek Hitam yang membawa sifat warna warna hitam belum dapat kita manfaatkan dengan baik untuk kemajuan pengetahuan maupun membantu pertumbuhan ekonomi Bangsa Indonesia, semua potensinya akan sangat bermanfaat jika di kaji dan di gali dengan di tunjang oleh lembaga penelitian dan para pengusaha tanaman hias, sebab jika dapat dilahirkan satu jenis saja bunga Anggrek baru hasil silangan dari Anggrek Hitam ini dan ternyata bernilai komersial, maka potensi ekonomi yang di hasilkan akan sangat besar dan berguna bagi Bangsa ini.

Anggrek Hitam bagaikan Mutiara Hitam yang terpendam dalam kerimbunan hutan Kalimantan yang semakin menyusut luasnya, kita mungkin saya kehilangan potensi ini setelah suatu saat mutiara hitam ini musnah bersama hilangnya hutan Kalimantan. Mari kita jaga dan melestarikan kekayaan Flora Indonesia.

24 comments:

Kulanz Salleh said...

Pertama kali tahu tentang anggerik hitam ini.. bagus juga dapat info seperti ini..

Khabir Malaysia said...

Salam..

Terima kasih

Bagus Info Baru

LIZA said...

:p baru ku tahu tentang anggerik htam ini...

sosial seni budaya bisnis said...

siip .....dan lestarikan alam indonesia....

icut-titang said...

baru tahu nieh kalo ada angrek hitam, setahu aku adanya warna ungu yang pekat mendekati kehitaman.
thank jadi tambah ilmu nieh kang. jangan lupo mampir beli pupuknya ke tempat aku ya :
disini :

http:icut-titang.blogspot.com

pariadi said...

di daerah kami rasanya juga ada tanaman hutan, anggrek hitam kalau nggak salah... :D

secretBulan said...

di tempat kami memang banyak hutan yang isinya tumbuhan herba tapi masalahnya sya x tau nama tumbuhan 2..:))

pasang iklan gratis said...

aq juga punya lho koleksi anggrek d dpan rumah, punya ibuk sih he2 kapan ya bisa punya anggrek hitam...

Bonthain said...

q suka banget yg black

plonco007 said...

wah pacarku suka banget lho sama anggrek

MK said...

Padahal namanya anggrek hitam tp kok putih warnanya...hehehe :)]

mascipul said...

waaahhh....kereeeennnnn...brp duit klo djual?he3

Rival Aditya said...

wah info yg bgus sob... lanjutkan

angger prasetyo said...

manteb nich infonya,,,nice post

Yhya said...

mahal gak ya??

PRADIKA RABBIT said...

Visit balik bro..
http://pradikarabbit.blogspot.com/

NURINA UTAMI said...

tapi koq dominan warna putih yach

RifkyMedia™ said...

dark orchid! wow keren!!

zubel said...

Jaga selalu kelestarian alam :)

dasar dasar ilmu agama islam said...

wew trimakasih ilmu n infonya mas,
oiya aq udah follow km, follow balik yup... :)

tubir said...

aku bangga jadi orang indoo..thank info nya kawan

lingkungan kita said...

di wilayah sulawesi khususnya di kawasan konservasi anggrek Bancea Poso juga ada anggrek hitam

ediwicak said...

mampir..thanks infonya

tsai said...

Black orchid ini lebih bagus dari blood orchid ( Anaconda 2 )

Post a Comment