11 kejadian penting di Indonesia selama tahun 2009

Wednesday, December 30, 2009 | |

Tahun 2009 yang hampir berakhir ini ternyata menyimpan beberapa peristiwa penting khususnya bagi bangsa Indonesia, dimana akan tersimpan menjadi bagian sejarah perjalanan bangsa ini. Beberapa peristiwa penting tersebut saya rangkum dalam 10 peristiwa penting di tahun 2009. Peristiwa pertama tidak berarti lebih penting dari peristiwa sesudahnya, namun peristiwa tersabut terjadi lebih awal.

Berikut 10 peristiwa penting tahun 2009 di Indonesia

1. Kasus Prita dan UU ITE

Tentunya kita masih ingat dengan kasus Prita Mulyasari. Dimana dia harus mendekam di Lapas Wanita Tangerang karena dinyatakan bersalah atas tuduhan pencemaran nama baik RS Omni Internsional, setelah dia mengirimkan keluhannya ke teman-teman milis media online yaitu surat elektronik.

Berawal dari berobat ke RS Omni Alam Sutra pada 7 Agustus 2008. Dia pun didiagnosa menderita demam berdarah. Namun lantaran Prita merasa dikecewakan, dia pun menuliskan ceritanya dalam bentuk curhat di milis.

Kasus tersebut akhirnya menjadi lebih besar karena tidak kunjung selesai dan memunculkan simpati mendalam masyarakat Indonesia yang kemudian memunculkan koin untuk prita. Selain itu peristiwa ini semakin memunculkan penolakan UU ITE yang dianggap mengancam kebebasan mengutarakan pendapat.

2. Fenomena Dukun Ponari

Mohammad Ponari (9 tahun) atau yang biasa kita kenal dengan Ponari adalah anak SD kelas 3, warga dusun Kedungsari, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tiba-tiba saja menjadi terkenal.

Dengan berbekal “batu ajaib”, ia menjadi dukun terkenal. mengobati pasiennya dengan cara mencelupkan batu saktinya ke segelas air lalu si pasien disuruh meminumnya, dan konon sang pasien merasa sembuh. Ada kalanya Ponari melakukan pijatan ke tubuh pasien yang mengalami kelumpuhan.

Sejak namanya tenar sebagai “juru penyembuh”, rumahnya dibanjiri puluhan ribu calon pasien yang tumpah ruah datang ke dusunnya.

Dari fenomena ini tentunya kita mempunyai persepsi yang berbeda, namun dapat digaris bawahi bahwa masyarakat Indonesia membutuhkan pengobatan alternatif yang dirasa lebih murah daripada pengobatan medis. Pemerintah harus mau bersikap dengan memberikan pengobatan terbaik dengan harga yang mampu dijangkau masyarakat kecil.

3. Jebolnya Tanggul Situ Gintung

Tanggul air di sekitar Situ Gintung, Ciputat, jebol akibat tidak dapat menahan debit air setelah hujan turun di wilayah yang terletak 2 kilometer dari perbatasan DKI Jakarta dengan Provinsi Banten. Kejadian tersebut mengakibatkan 300 rumah rusak dan hanyut terbawa arus dan sedikitnya 93 orang meninggal dunia.

Tanggul Situ Gintung jebol Jumat 27 Maret 2009, menghanyutkan manusia, rumah-rumah penduduk, harta benda dan fasilitas publik ikut rusak luluh lantak dihajar limpasan air danau.

Bencana ini bukanlah murni bencana alam, namun ada unsur kelalaian. Jika saja dari awal pihak yang berwenang mengantisipasi hal ini dengan pembuatan bendungan yang lebih kuat ataupun merelokasi warga disekitar, tentu tidak akan menimbulkan korban jiwa sebesar itu. Pemerintah harus mengevaluasi situ-situ maupun bendungan yang lain, agar kejadian pilu tersebut tidak terulang kembali.

4. Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2009

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2009 diselenggarakan pada 8 Juli 2009.

Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono berhasil menjadi pemenang dalam satu putaran langsung dengan memperoleh suara 60,80%, mengalahkan pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto dan Muhammad Jusuf Kalla-Wiranto.

Dengan demikian SBY-Boediono menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2009-2014.

5. Bom Guncang JW Marriott – Ritz Carlton dan Batalnya Kedatangan MU

Ledakan bom terjadi di dua hotel di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/07/2009) pagi, mengakibatkan bagian depan hotel hancur berantakan.

Ledakan terjadi pada sekitar pukul 07.45 WIB, yang pertama terjadi di Hotel JW Marriott, kemudian terjadi di Hotel Ritz-Carlton. dimana sedianya akan menjadi tempat penginapan tim MU (Manchester United) dalam tur Asia 2009.

Menyusul ledakan tersebut, MU yang sedianya akan bertanding melawan tim sepak bola nasional Indonesia membatalkan acara tersebut. Ofisial tim Manchester United menyatakan bahwa klub “Setan Merah” membatalkan kunjungannya ke Jakarta karena terkait keamanan.
6. Noordin Mohammad Top Tewas

17 september Pukul 05.00 wib adalah akhir dari petualangan Teroris asal negeri Jiran Itu.Ya Di Kampung Kepuhsari, Kelurahan Mojosongo, Solo Tim Densus 88 Mabes Polri Membekuk Noordin M Top Dan Ketiga anak buahnya yaitu Urwah, Aji dan Susilo.

Polisi menemukan 200 kg bahan amunisi dan sejumlah bom yang siap ledak di dalam rumah Noordin. Beberapa senjata api dan laptop yang diduga milik kawanan Noordin juga berhasil diamankan.

Ya, Noordin M Top adalah seorang buronan nomor satu di Indonesia setelah ditengarai menjadi dalang dari serangkaian aksi ledakan bom bunuh diri di Indonesia termasuk bom di hotel JW Marriott – Ritz Carlton beberapa minggu sebelum dia tewas.

Dengan tewasnya Noordin, bukan berarti gerakan terorisme di Indonesia terhapus. Bisa jadi gerakan mereka lebih rapi dan militan dari sebelumnya. Pemerintah dan seluruh warga Indonesia harus mempunyai tekad kuat untuk memberantas mereka.

7. Gempa Bumi di Sumatera Barat

Gempa bumi terjadi di Sumatera Barat pada pukul 17:16:10 WIB tanggal 30 September 2009 dengan kekuatan 7,6 Skala Richter di lepas pantai Sumatera Barat, tepatnya sekitar 50 km barat laut Kota Padang.

Gempa menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatera Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang, Kabupaten Agam, Kota Solok, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Menurut data Satkorlak PB, sedikitnya 1.115 orang tewas akibat gempa ini yang tersebar di 3 kota & 4 kabupaten di Sumatera Barat, korban luka berat mencapai 1.214 orang, luka ringan 1.688 orang, korban hilang 1 orang. Sedangkan 135.299 rumah rusak berat, 65.306 rumah rusak sedang, & 78.591 rumah rusak ringan.

Gempa bumi tersebut tidak bisa terlepas dari letak geografis Indonesia yang berada di daerah rawan gempa. Tidak menutup kemungkinan wilayah lain di tanah air akan terjadi gempa serupa bahkan lebih besar. Oleh karena itu harus ada persiapan dan kewaspadaan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

8. Polri-KPK, Perang antara Cicak dan Buaya

Diawal pemerintahan SBY, diguncang dengan beberapa permasalahan serius, salah satunya adalah ketidak harmonisan penegak hukum, yaitu antara Kepolisian dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Masalah tersebut dimulai ketika Mantan Kabareskrim Susno Duadji merasa pembicaraannya disadap KPK, dan menahan ketua KPK Bibit Samad Aranto dan Candra M Hamzah.

Masalah tersebut semakin meruncing ketika kemudian muncul istilah Cicak Vs buaya dan indikasi adanya Makelar Kasus (Markus) dalam dunia peradilan Indonesia.

9. Isu Kiamat 2012

Isu tentang “Kiamat 2012” melanda Indonesia. hal tersebut terjadi karena Film 2012 yang terkait dengan ramalan suku Maya di pedalaman benua Amerika.
Ramalan tersebut di sesuaiakan dari salah satu penanggalan mereka yang menyatakan pada 21 Desember 2012 akan terjadi pergantian abad yang ditandai dengan “pembersihan bumi”. Dalam peristiwa ini, umat manusia akan memulai satu abad yang sama sekali baru. Ramalan suku Maya memang sangat diperhatikan banyak kalangan, dari akademisi hingga kalangan supranatural, disebabkan bangsa ini memang terkenal dengan keakuratan sistem penanggalannya.

Isu kiamat menjadi salah satu isu terbesar pada tahun 2009, sehingga menimbulkan kepanikan di lapisan masyarakat. Bahkan beberapa MUI daerah sempat mengharamkan penayangan Film 2012.

10. Hari Anti Korupsi dan Kasus Century

Ada nuansa yang berbeda pada perayaan Hari Antikorupsi se-dunia 2009. Di tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari antikorupsi kerap diselingi acara resmi pemerintah, kali ini tidak. Yang merayakan pada 9 Desember 2009 adalah masyarakat luas, di ibukota dengan melakukan demonstrasi damai.

Hal tersebut terjadi karena memanasnya situasi setelah diduga terjadi penyimpangan dalam penyelamatan Bank Century yang kini berganti nama menjadi Bank Permata. Kasus yang menyeret Menteri Keuangan Sri Mulayani dan wakil presiden Boediono itu menyebabkan negara mengalami kerugian sebesar Rp 5,86 Triliun rupiah.

11. Mantan Presiden Abdurrahman Wahid meninggal dunia

Mantan Presiden Indonesia, Abdurrahman wahid atau lebih dikenal dengan nama Gusdur meninggal dunia pada tanggal 30 Desember 2009 pada pukul 18:45. Gusdur merupakan presiden RI ke 4.


Demikian 11 kejadian penting di Indonesia selama tahun 2009. Semoga tahun 2010 mendatang menjadi tahun yang lebih baik.

22 comments:

Anonymous said...

wes mantap ni blog, oya makasih sob atas kunjunganya ya sob...! Semoga kita tetap saling berkujung n saling tukar ilmu...!

Morteza said...

"In the name of God"
Hello, please add my link with name "bahayiatbibaha".

EgaBlogSpot said...

bagus nih, tp sayang hasil copas, gak apa2 deh

AReKedaN said...

Biar copy paste yang penting tetap useful :thumbsup:
n jgn Lupa sumbernya diikutkan kalo bisa :D

Hobby Exchange said...

happy new year my friend, let we get success together in 2010

FIANMUSE said...

Happy new year my friend. MAU TUKERAN LINK ??? komen Blog ku yah http://fianmuse.blogspot.com/

javabis99 | Bisnis Online n Hobby Blog said...

Happy New Year 2010, Thanks atas sgala krjsamanya

Mohar Yahya said...

maju jaya indonesia raya...selamat tahun baru sob.Terima kasih kunjung blog aku.

download gratis said...

tahun baru..harapan baru.. menjadi manusia baru yang lebih bermakna untukh kehidupan dunia dan akhirat

Semangat !!! said...

Hallow,..

Postingannya bagus...
Teruskan semangatmu, raih prestasi.

Sukses buat anda...

Nikah | Rahasia | Kecil | Kebahagiaan said...

gw seneang cicak sama polisi VS KPK, Seru tuh

Rizkyzone said...

wow mantab...... sip dah lanjutkan

suryadewa said...

berknjung sob.. wah nice post nih... smua kejadian di rangkum jd 1

Unknown said...

ni blog bagus sekali, banyak pegetahuannya..
kunjuni balik ya...

PenaAksi.com said...

copas tapi berbobot

mufied said...

info menarik sob !!!!

jdi teringat bnyaknya kenangan di tahun 2009 !! heheheh !!!

Astri Hapsari said...

wow info keren
ya setiap tahun memang memiliki kejadian tersendiri
bukan sekedar diingat tapi juga diambil pelajarannya :)

akhatam said...

Wah informatif!!
Keep Blogging gan...

rio said...

sebenernya banyak lagi tuh g cuma 10.
tpi yg paling ok sih emang 10 itu.

semoga bisa menjadi pelajaran buat kita semua tuh

sai adz said...

kejadian setelah pemilu banyak yang aneh2

John Anthonie said...

Ebook Rahasia Master Clicker..trik jitu ikut pulhn PTC slsai sesingkat mungkin, hub bisnischee.click@gmail.com

wahyoe_zexx______ said...

keren"
sejauh itu lo mikirin ngara??

gw aja g kpikiran

Post a Comment